Rabu, 20 April 2016

Mengatasi Penyakit Layu Bakteri pada Budidaya Jahe Gajah


Tidak ada sekalipun budidaya tanaman apapun yang bisa terlepas dari hama dan penyakit, termasuk hama dan penyakit yang menyerang budidaya jahe gajah. Hama dan penyakit dalam budidaya jahe gajah sebenarnya dapat dicegah, sebelum terjadi.
Namun kadang karena kelalaian ataupun kurangnya pemahaman cara budidaya jahe gajah yang benar dari para petani jahe gajah, menyebabkan tanaman mereka langsung terserang hama dan penyakit. Tanpa sebelumnya dilakukan pencegahan.
Oleh karena itu mencari solusi dari pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman jahe gajah sangatlah diperlukan. Contohnya saja, jika tanaman dan budidaya jahe gajah sudah terlanjur terkena penyakit layu bakteri. Daun dan batang jahe gajah yang ditanam tiba-tiba layu dan mati. Pas coba dibongkar sebagian jahe gajah yang ditanam isi rimpangnya tidak berkembang dan lembek.
Lalu apa yang bisa dilakukan, kalau sudah begini? Beberapa solusi dari para petani dan praktisi pembudidaya jahe gajah yang dapat dicoba adalah :
Cara pertama :
Membongkar media tanam, bibit jahe gajah yang sudah ditanam dalam polybag, coba dibongkar dang anti dengan media tanam baru. Karena dimungkinkan layu bakteri berasal dari kontaminasi bakteri-bakteri yang ada di media tanam dan menjalar melalui rimpang kemudian naik menyerang batang dan daun. Setelah diganti media tanam, baru bisa dijemur di bawah terik matahari untuk mengembalikan bibit jahe gajah dalam kondisi sehat.
Cara kedua :
            Layu bakteri salah satu penyebab dari penggunaan pupuk kompos/kandang yang belum jadi dan masih tinggi kandungan asamnya,berakibat tanaman kurang zat hara yang dibutuhkan. Solusi yang dapat diambil dianjurkn rutin perawatan dan pnguna'an gamping serta tricoderma.
Cara ke tiga :
Layu bakteri dapat diatasi dengan cara patahkan atau pisahkan batang yg menguning membusuk dg rimpangnya.  Kemudian akan muncul hewan super kecil setelah proses ini  yg bergerak gerak menggerogoti rimpang muda dg batang. Isolasi tanaman jahe gajah yg sudah terlanjur terkena layu bakteri, kemudian pendam di tempat yg jauh. Setelah itu , Semprot bubur bordo ke seluruh lahan seminggu 2x sampai gejala hama menurun.

Demikian ke tiga solusi yang dapat anda pilih sebagai alternative solusi dalam penanganan budidaya jahe gajah yang sudah terlanjur terkena layu bakteri. Semoga dengan adanya pilihan cara penanganan, akan memberikan solusi mudah untuk anda semua. Apabila anda berniat mencari bibit jahe gajah, silahkan menghubungi kami di 087838393451. Selamat dan sukses untuk anda semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar